widgets

Rabu, 28 Januari 2015

Komunikasi Data dan Jaringan Komputer

Routing (Penghalaan) adalah sebuah proses untuk meneruskan paket-paket jaringan dari satu jaringan ke jaringan lainnya melalui sebuah antar-jaringan (internetwork). Routing juga dapat merujuk kepada sebuah metode penggabungan beberapa jaringan sehingga paket-paket data dapat dialirhantarkan dari satu jaringan ke jaringan selanjutnya. Untuk melakukan hal ini, digunakanlah sebuah perangkat jaringan yang disebut sebagai Router. Router tersebut akan menerima paket-paket yang ditujukan ke jaringan di luar jaringan yang pertama, dan akan meneruskan paket yang diterima kepada Router lainnya hingga sampai kepada tujuannya.
Terdapat dua macam Routing, yaitu:
1. Penghalaan Statis (Static Routing)
mengkonfigurasi pemilihan path dari router dalam jaringan komputer dengan menambahkan secara manual rute ke tabel routing. Rute-rute ini biasanya dimasukkan ke router oleh administrator sistem. Hanya saja, ketika ada perubahan dalam jaringan atau kegagalan terjadi antara dua node yang didefenisikan secara statis, lalu lintas tidak akan dialihkan dan harus menunggu untuk perbaikan atau pembaharuan rute statis oleh administrator

2. Penghalaan Dinamik (Dynamic Routing)
Disebut juga dengan adaptive routing, merupakan kemampuan sistem dalam menentukan rute paket data sesuai karakter tujuannya untuk mengubah data jalur paket pada sistem (alter the path) sebagai respon terhadap perubahan kondisi yang terjadi. Adaptasi memungkinkan sebanyak mungkin perutean yang valid sesuai perubahan. Sehingga jika ada kegagalan antara dua node, dapat dipilih rute lain yang tersedia.
Ada beberapa protokol yang digunakan untuk mencapai pemilihan rute secara dinamik ini, yaitu :
Sumber : Wikipedia.com

Ditulis Oleh : Unknown // 07.18
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

About

xxx