widgets

Selasa, 20 Januari 2015

Mengembalikan Grub Kali Linux Setelah Install Windows

Masalah yang sering kita temui bagi para pengguna Linux yang belum begitu bisa meninggalkan windows adalah, grub loader hilang setelah install ulang Windows. Jadi dengan kata lain, nanti setelah menyalakan komputer, kita tidak bisa lagi masuk ke linux. Hal ini di karenakan grub loader atau boot manager linux nya hilang digantikan boot loader nya windows. Dan cara mengatasinya memang agak membingungkan bagi para pemula. Tapi kali ini mas Kris akan memberikan tentang cara termudah mengembalikan boot loader atau grub loader linux yang hilang setelah install Windows. Kalau bahasa gaulnya itu, 

The best way to restore linux's grub loader after installing windows.

Cara terbaik mengembalikan booting linux yang hilang setelah install ulang windows

Sebelum memulai tentang bagaimana cara install ulang boot loader linux yang hilang setelah install ulang windows, yang harus kamu lakukan adalah memasukkan cd installan Linux yang pernah kamu pakai buat install Linux, jika kamu menggunakan Live USB atau Flashdisk, maka kamu harus masuk ke Linux menggunakan cd atau Flashdisk yang kamu pakai buat install linux. Memang cara ini boleh di bilang sama dengan bagaimana mengembalikan grub linux menggunakan flashdisk linux. Itu kalaupun anda menggunakan flashdisk. Dan setelah masuk ke Linux, entah Ubuntu atau Linux Mint, Atau Fedora, Atau RedHat, Atau BackTrack, Atau Kali Linux, Atau CentOs, Atau OpenSuse, Atau Mandriva, Atau Slaxware, Atau apapun itu jenisnya linux. Cara ini tetap bisa di lakukan selama grub loadernya versinya juga sama.
  1. Langkah pertama buka terminal/konsole/console (CTRL+ALT+T)
  2. Dan langkah kedua, masukkan perintah berikut ini :
    • sudo su (lalu masukkan password kamu)
    • fdisk -l
    • Lihat gambar dibawah,

      fdisk
      Contoh gambah fdisk -l
      ini menunjukkan bahwa saya menginstall Linux di /dev/sda2. Mungkin di hardisk kalian bisa sama posisinya seperti punya saya, tapi juga bisa berbeda, misal di komputer anda di /dev/sda3 atau /dev/sda7 atau yang lainnya.
    • Setelah tahu partisi dimana anda menginstall Linux, yang perlu anda lakukan adalah mounting partisi itu untuk kita install grub loadernya.

    • mount /dev/sda2 /mnt

    • grub-install --root-directory=/mnt /dev/sda

      grub install

    • update-grub /dev/sda


  3. Langkah ketiga jika langkah diatas sudah sempurna adalah restart komuter kamu, keluarkan cd Linux kamu, atau cabut flasdisk atau live USB Linux kamu.
sumber:http://www.maskris.com/2014/11/cara-yang-paling-benar-mengembalikan.html

Ditulis Oleh : Unknown // 07.47
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

About

xxx